Sunday 6 October 2013

Tips Cara Menghilangkan Bau Jengkol


Buah Jengkol makanan yang digemari banyak orang, dari kalangan bawah hingga kalangan atas pun suka makan jengkol. Jengkol juga memiliki bau khas yang membuat orang jadi berpikir dua kali sebelum benar-benar memakannya. Tapi lain ceritanya dengan para pecinta jengkol, bau khas yang timbul setelah makan jengkol bukan jadi masalah.
Bau jengkol sebenarnya bisa diminamilisir jika
kita bisa memasak dengan benar. Bermula dari proses awal merebusnya. Saat merebus bisa direbus bersama arang atau kapur sirih. Ini bisa mengurangi bau. Kemudian dikeprek (dipipihkan). Ini layak dicoba. Pendapat lain ada juga.
Untuk mengurangi bau yang tidak sedap, rebuslah jengkol tua itu dengan air yang dicampur dengan abu dapur.
Kemudian untuk lebih meredakan baunya, sebaiknya jengkol yang sudah direbus tersebut diganti airnya dengan air dingin kemudian direndam selama sekitar sehari semalam. Cara ini selain bisa mengurangi bau mulut setelah makan jengkol, juga bisa mengurangi bau saat kencing atau BAB. Ada lagi lainnya yaitu bisa mengurangui kandungan racun pada jengkol yang bisa menyebabkan orang susah kencing (jengkolan kata bapak saya yang pernah mengalami).
Cara lainnya bisa dilakukan adalah merebus jengkol dengan daun jambu kelutuk dan berikan satu sendok bubuk teh. Jengkol idaman pun akan berkurang baunya.
Semoga informasi tentang Tips cara menghilangkan bau jengkol diatas dapat bermanfaat.

No comments: